Cara Merawat Rambut Berjilbab Agar Tidak Rontok

Bagaimanakah cara merawat rambut berjilbab agar tidak rontok? Pertanyaan ini sering diajukan oleh para wanita yang menggunakan jilbab, yang kuatir rambutnya rontok akibat penggunaan jilbab. Apabila Anda pun menggunakan jilbab dan memiliki pertanyaan serupa, yakni bagaimana cara merawat rambut berjilbab agar tidak rontok, berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda.

cara merawat rambut berjilbab agar tidak rontok
cara merawat rambut berjilbab agar tidak rontok




Cara Merawat Rambut Berjilbab Agar Tidak Rontok


1.      Pilihlah bahan jilbab yang mudah menyerap keringat
Pemakaian jilbab membuat kepala lebih mudah untuk berkeringat, dan keringat yang sudah ada susah untuk menguap. Adanya keringat di kepala inilah yang membuat rambut terasa lepek dan cepat kotor. Hal ini dapat menyebabkan rambut berketombe dan mudah rontok. Untuk menghindarinya, gunakan bahan jilbab yang mudah menyerap keringat. Bahan-bahan yang mudah menyerap keringat antara lain adalah katun.

2.      Pilihlah jilbab dengan warna-warna yang lembut
Menggunakan jilbab dengan warna-warna lembut dapat memberikan efek sejuk bagi kulit kepala. Contoh warna-warna lembut yang biasa digunakan pada jilbab adalah candy pink, lavender, green mint, peach, baby blue, yellow pastel. Efek sejuk yang ditimbulkannya ini dapat memberikan rasa nyaman dan kulit kepala tidak kepanasan sehingga folikel rambut tidak terhambat dalam pertumbuhannya.

3.      Hindari menggunakan jilbab saat rambut masih basah
Menggunakan jilbab saat rambut masih basah dapat menyebabkan rambut menjadi bau dan mudah ditumbuhi ketombe. Hal ini tentunya akan dapat memicu terjadinya kerontokan rambut. Untuk itu, gunakanlah jilbab setelah rambut betul-betul kering. Jika terburu-buru hendak bepergian, dapat menggunakan hair dryer agar rambut cepat kering. 

4.      Jangan mengikat rambut terlalu kuat dan kencang
Tips cara merawat rambut berjilbab agar tidak rontok berikutnya adalah dengan tidak mengikat rambut terlalu kuat dan kencang. Selain itu, untuk mengikat rambut, gunakan saja bahan-bahan pengikat rambut yang lembut dan hindari menggunakan karet gelang atau jepit rambut besi.

5.      Keramas rambut secara rutin
Untuk menghindari rambut rontok akibat pemakain jilbab, jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut dengan rutin berkeramas. Gunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda.

6.      Merapikan rambut sebelum dan sesudah berjilbab
Baik sebelum maupun sesudah mengenakan jilbab, sebaiknya rambut disisir rapi agar sirkulasi darah ke rambut dapat berjalan dengan lancar. Demikian pun nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut dapat diedarkan tanpa hambatan. Untuk menata dan merapikan rambut ini sebaiknya menggunakan sisir berbahan plastik dengan gerigi sisir yang jarang dan berukuran agar besar. 

7.      Mengistirahatkan rambut
Maksud dari mengistirahatkan rambut dalam upaya merawat rambut berjilbab agar tidak rontok ini ialah membiarkan rambut terurai tanpa diikat. Tentunya ini dilakukan saat Anda saat sedang santai di rumah atau saat tidur, yaitu saat-saat Anda tidak mengenakan jilbab. Membiarkan rambut terurai tanpa diikat berarti memberikan kesempatan pada rambut untuk bernafas sehingga rambut dapat menjadi lebih segar. Cara ini dapat mengurangi kelembaban pada kulit kepala sehingga dapat mengurangi risiko rambut berketombe ataupun rambut rontok.

8.      Merawat rambut menggunakan bahan-bahan alami
Cara merawat rambut berjilbab agar tidak rontok adalah dengan melakukan perawatan rambut menggunakan bahan-bahan alami. Contohnya adalah dengan menggunakan masker rambut yang terbuat dari lidah buaya, buah-buahan, ataupun keramas menggunakan santan kelapa. Pemakaian bahan-bahan kimia secara berlebih menyebabkan penumpukan limbah kimia di kulit kepala yang dapat menyebabkan rambut berketombe dan mudah rontok. 

9.      Mengkonsumsi makanan bergizi
Selain melakukan perawatan dari luar, perawatan rambut berjilbab agar tidak rontok pun sebaiknya dilakukan dari dalam tubuh, yakni dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Makanan bergizi yang dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut adalah makanan yang mengandung vitamin B-6, vitamin B-12, vitamin C, vitamin E dan protein. Kandungan tersebut dapat ditemukan pada kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran hijau.


Demikian beberapa cara merawat rambut berjilbab agar tidak rontok. Dengan mengetahui cara-cara merawat rambut berjilbab, kini Anda tidak perlu khawatir lagi mengenakan jilbab. Sebagai wanita muslimah sudah semestinya kita menggunakan jilbab karena sudah merupakan perintah agama. Kekhawatiran akan mengalami kerusakan dan kerontokan rambut akibat penggunaan jilbab kini dapat ditepis bila Anda telaten dan rutin menerapkan cara merawat rambut berjilbab agar tidak rontok seperti di atas. 

.

.
.