Tips Perawatan Rambut Rusak Karena Bleaching

Apakah Anda termasuk salah satu yang menggemari eksperimen tertentu pada rambut? Sering bosan pada kondisi dan warna rambut Anda? Tentunya salah satu solusi cepat yang sering dilakukan adalah melakukan bleaching rambut / mengecat rambut atau mewarnai rambut dengan warna tertentu.  

Mengecat rambut dengan warna-warna tak lazim seperti merah, hijau, biru, ungu, maupun merah muda sudah menjadi tren di kalangan anak muda saat ini. Bukan hanya itu, rambut hitam alami dikatakan sudah ketinggalan zaman dan orang-orang setidaknya mengubah warna rambutnya menjadi coklat agar terkesan modern. 

Akan tetapi, sadarkah Anda bahwa dibalik proses bleaching pada rambut terdapat bahaya yang besar untuk rambut Anda. Beberapa jenis masalah rambut yang potensial untuk muncul karena bleaching rambut diantaranya adalah rambut kering, rambut mudah sekali patah, rambut mudah sekali rontok, dan warna rambut menjadi sangat kusam. 



tips perawatan rambut rusak karena bleaching dari ratu kemiri
tips perawatan rambut rusak karena bleaching dari ratu kemiri


Panduan Perawatan Rambut Rusak Karena Bleaching

Proses pengecatan rambut dengan warna yang sempurna harus melalui beberapa tahapan, terutama jika ingin menggunakan warna yang tidak umum seperti di atas. Agar warnanya sesuai, pigmen rambut dihilangkan atau prosesnya dikenal dengan nama bleaching. Namun, kabar buruknya adalah rambut bisa rusak jika melalui tahapan itu. Oleh karena itu, perhatikanlah beberapa perawatan rambut rusak karena bleaching berikut ini:

Masker rambut
Masker tak hanya tersedia sebagai perawatan wajah, rambut juga bisa diberi krim khusus untuk menutrisinya kembali. Rambut yang di-bleaching akan rusak dan kering sehingga membutuhkan suntikan nutrisi dari hair mask atau masker rambut ini. Jika Anda berpikir bahwa masker rambut sana dengan creambath, maka Anda salah. Sebenarnya ada sedikit perbedaan mencolok diantara kedua jenis perawatan rambut ini. Hair mask mampu menyerap ke dalam rambut lebih dari creambath. Maka, masker rambut dinilai lebih bagus dan bermanfaat bagi perawatan rambut rusak karena bleaching.
 
Ada bermacam jenis masker rambut yang bisa Anda gunakan untuk perawatan rambut rusak karena bleaching. Beberapa bahan yang umum digunakan sebagai masker alami untuk rambut diantaranya lidah buaya, minyak zaitun, madu, telur, yogurt, dan sebagainya.

Selain cara pemakaiannya yang mudah, Anda juga akan mudah menemukan dan meramu bahan alami diatas untuk digunakan sebagai masker rambut.

Gunakan Conditioner untuk Rambut
Jika Anda sudah melakukan bleaching rambut, maka rambut Anda perlu perawatan yang sangat ketat dan ekstra. Mengapa demikian? Karena kondisi rambut setelah melakukan bleaching rambut akan sangat lemah dan kering, sehingga mudah sekali mengalami berbagai jenis masalah rambut. Untuk menjaga kondisi rambut Anda, disarankan menggunakan conditioner untuk rambut Anda. Gunakan setelah keramas untuk menjaga kelembaban alami pada rambut Anda. 

Jika ingin menggunakan bahan alami untuk conditioner rambut Anda, Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk perawatan rambut rusak karena bleaching ini. Jika menggunakan bahan alami seperti minyak zaitun ini, Anda bisa setiap hari memakainya untuk melembabkan rambut Anda.

Vitamin rambut
Tak ada yang lebih baik dari memaksimalkan perawatan rambut demi memperbaiki rambut yang rusak. Vitamin rambut dengan nutrisi beragam mampu memberikan kelembaban terutama pada bagian ujung rambut sehingga tidak terkesan kusam. Selain itu, penggunaannya yang mudah dapat dijadikan sebagai treatment sehari-hari untuk merawat rambut rusak karena bleaching tersebut.

Hindari Pemanas Rambut
Bagaimanapun caranya, hindari penggunaan alat pemanas atau pengering rambut sebagai upaya perawatan rambut rusak karena bleaching. Kondisi rambut yang sudah lemah, akan makin lemah jika Anda paksakan dengan memakai alat pemanas atau pengering rambut.
Biarkan rambut Anda kering secara alami dan perlahan. Atau jika diperlukan, Anda bisa keringkan rambut dengan menggunakan kipas angin. Agak lama proses pengeringannya, tetapi akan jauh lebih aman daripada memakai pengering rambut.  

Tonik rambut
Biasanya, rambut rusak tidak hanya ditandai oleh rupa fisik rambut yang kusam, kering, tidak indah, dan kaku. Namun, salah satu akibat dari kerusakan rambut akibat bleaching ini bisa berupa kerontokan rambut yang berlebihan. Memang rambut yang rontok merupakan hal normal namun akan jadi ancaman jika rambut gugur dalam jumlah besar setiap harinya. Untuk itu, tonik rambut diperlukan agar memperkuat akar rambut sehingga tidak mudah rontok. Gunakan tonik rambut secara berkala sebagai perawatan rambut rusak karena bleaching.

Jaga Frekuensi Keramas
Untuk menjaga kekuatan rambut Anda setelah melakukan bleaching rambut, sebaiknya Anda menjaga frekuensi dalam melakukan keramas. Anda harus lebih hati-hati saat perawatan rambut rusak karenableaching. Jika diperlukan, Anda bisa menggunakan shower cap (penutup kepala) pada saat mandi. Keramas bisa dilakukan kurang lebih dua kali dalam satu minggu untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rambut Anda setelah bleaching rambut.

Beberapa perawatan rambut rusak karena bleaching tersebut dapat dilakukan sesering mungkin dan tidak akan berpotensi merusaknya kembali. Inilah konsekuensi yang harus diterima akibat bleaching rambut. Perawatan rambut ekstra harus Anda tempuh akibat keputusan bleaching rambut yang sudah Anda ambil. Tentu Anda juga sudah siap dengan konsekuensi yang akan Anda terima akibat bleaching rambut, bukan?

Rambut sama halnya dengan bagian tubuh lain, perlu perawatan dan perlakuan yang baik supaya tetap dalam kondisi sehat secara alami. Rambut juga membutuhkan asupan nutrisi untuk selalu sehat memancarkan kilau alaminya.

.

.
.