Panduan Mudah Mengatasi Rambut Berketombe Alami

Memiliki rambut berketombe merupakan momok bagi banyak orang. Bagaimana tidak, rambut yang berketombe dapat menyebabkan penampilan jadi kurang meyakinkan dan dapat menurunkan rasa percaya diri. Untuk itulah kami coba memberikan panduan mudah mengatasi rambut berketombe alami.

Ketombe sebetulnya merupakan sel kulit kepala yang mati dan mengelupas dikarenakan folikel pada rambut yang berkurang. Sel-sel kulit mati yang mengelupas inilah yang mengganggu penampilan karena menyebabkan rambut terlihat kotor, kusam, dan lepek. Bahkan kalau tidak segera diatasi, ketombe dapat menyebabkan kerontokan pada rambut.
panduan mudah mengatasi rambut berketombe alami
panduan mudah mengatasi rambut berketombe alami


Panduan Mudah Mengatasi Rambut Berketombe Alami

Sebetulnya saat ini sudah banyak tersedia aneka shampoo dan obat-obatan yang dapat mengatasi ketombe pada kepala. Namun penggunaan zat-zat kimia yang berlebihan pada kepala akan dapat menyebabkan masalah lainnya kelak di kemudian hari, seperti kerontokan rambut yang parah hingga mengalami kebotakan rambut meluas. Untuk itu penggunaan bahan-bahan alami lebih direkomendasikan. Selain lebih aman, harganya pun relatif lebih murah. Berikut ini panduan mudah mengatasi rambut berketombe alami.

1.      Menggunakan Daun Lidah Buaya
Daun lidah buaya memiliki kandungan zat-zat yang dapat membantu menghambat proses proliferasi sel kulit kepala sehingga dapat menghambat laju pertumbuhan ketombe. Itulah sebabnya daun lidah buaya banyak dipakai sebagai bahan pembuatan shampo. Cara penggunaan daun lidah buaya untuk menghilangkan ketombe adalah sebagai berikut. 

Siapkan 1 helai daun lidah buaya, lalu dibelah menjadi dua untuk diambil gel pada bagian dalam daun tersebut. Gel ini sering juga disebut daging lidah buaya. Gel yang sudah diambil tadi langsung saja dihaluskan, lalu dioleskan secara merata pada seluruh bagian kepala. 

Cara mengolesnya ialah dengan cara mengoles sambil ditekan-tekan sehingga getah lidah buaya yang terdapat pada gelnya dapat meresap masuk ke dalam kulit kepala. Setelah itu dibiarkan selama kurang lebih sepuluh menit, lalu dibilas dengan menggunakan air hangat. Bilas hingga bersih hingga tidak ada gel yang tersisa di kepala. 

Lakukan hal ini secara rutin, paling tidak 3 kali seminggu. Niscaya, setelah pemakaian beberapa minggu akan terlihat hasilnya, yakni ketombe pada rambut mulai berkurang.

2.      Menggunakan Garam
Bahan alami yang dapat digunakan selanjutnya pada panduan mudah mengatasi rambut berketombe alami adalah garam. Mungkin selama ini kita lebih mengenal garam sebagai bumbu masak. Namun ternyata garam juga memiliki khasiat untuk menghilangkan ketombe karena kristal pada garam dapat berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati pada kepala. 

Berikut ini cara menggunakannya. Mula-mula basahi dahulu rambut dan kulit kepala. Setelah itu taburkan secukupnya garam halus ke seluruh bagian kepala. Lalu gosok-gosoklah garam tadi secara perlahan dan merata dengan gerakan memutar dan menekan. 

Lakukan ini selama kira-kira 5 menit. Setelah itu bilaslah dengan air bersih. Bila perlu keramas. Ini pun harus dilakukan secara rutin agar memperoleh hasil seperti yang diharapkan.

3.      Menggunakan Campuran Jeruk Nipis dan Santan Kelapa
Pada artikel Panduan Mudah Mengatasi Rambut BerketombeAlami ini kita hanya akan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat. Selain daun lidah buaya dan garam, bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut berketombe adalah campuran air perasan jeruk nipis dan air santan kelapa segar. 

Jadi yang digunakan bukanlah santan kelapa siap pakai yang banyak dijual di toko-toko. Cara menggunakannya ialah dengan mencampurkan masing-masing 100 ml air perasan jeruk nipis dan air santan kelapa. Kedua campuran tersebut diaduk secara merata, lalu dioleskan pada seluruh permukaan kepala. 

Pengolesannya pun dilakukan sambil memijat-mijat dengan lembut. Setelah itu didiamkan selama kira-kira 15 menit, kemudian dibilas dengan air bersih. Apabila aroma santan kelapa masih terasa, dapat dibilas menggunakan sampo (keramas). Ini pun sebaiknya dilakukan secara rutin minimal 3 kali seminggu agar memperoleh hasil yang diinginkan.



Sebetulnya masih ada beberapa bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk mengurangi ketombe pada rambut, seperti minyak kemiri bakar. Namun pada panduan mudah mengatasi rambut berketombe alami kali ini kita hanya menggunakan ketiga bahan tersebut di atas dahulu karena ketiga bahan di atas adalah bahan-bahan alami yang paling mudah didapat, dan penerapannya pun tidak rumit. Demikianlah, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda mengatasi rambut berketombe.  

.

.
.