Tips Merawat Kesehatan Rambut Bayi

Memiliki rambut yang sehat, kuat, lebat adalah idaman bagi banyak orang. Demikian pula para orang tua, pasti menginginkan agar anaknya atau bayinya pun memiliki rambut idaman seperti itu. Apabila Bunda pun termasuk orang tua yang menginginkan demikian, maka sebaiknya mempelajari tips merawat kesehatan rambut bayi agar dapat melakukan perawatan yang sesuai dengan usia bayi Bunda. 

tips merawat kesehatan rambut bayi secara alami
tips merawat kesehatan rambut bayi secara alami



Tips Merawat Kesehatan Rambut Bayi Secara Alami

Perawatan rambut pada bayi tentunya berbeda dengan perawatan rambut pada anak-anak dan orang dewasa. Dalam merawat kesehatan rambut bayi, haruslah sangat berhati-hati karena masih tipisnya kulit kepala bayi dan akar rambutnya pun masih sangat lembut. 
Baiklah, agar bayi Bunda dapat memiliki rambut yang sehat, kuat dan lebat, maka Bunda sebaiknya mengikuti tips merawat kesehatan rambut bayi sebagai berikut :
1.      Lakukan Keramas Secara Rutin
Sangat penting untuk melakukan keramas secara rutin pada rambut bayi Bunda karena dengan keramas maka sel-sel mati yang biasanya banyak terdapat pada kulit kepala bayi dapat dibersihkan. Untuk keramas, gunakan sampo khusus untuk bayi saja karena sampo bayi memiliki pH 0 dan tidak pedih di mata.
2.      Olesi Kepala Bayi dengan Minyak Kemiri
Tips merawat kesehatan rambut bayi berikutnya adalah melakukan perawatan rambut rutin dengan minyak kemiri. Minyak kemiri diketahui memiliki khasiat yang bagus untuk menyuburkan dan menghitamkan rambut, termasuk pada rambut bayi. Oleh karena itu sangat baik jika sejak bayi sudah diberikan nutrisi dari minyak kemiri ini.
Minyak kemiri ini sendiri banyak dijual bebas, biasanya dikemas dalam kemasan botol. Namun saran kami, sebaiknya gunakan saja minyak kemiri yang dibuat sendiri tanpa campuran bahan kimia apa pun. Tidak susah kok, membuat sendiri minyak kemiri. Caranya demikian : ambil 2 butir isi buah kemiri, masing-masing dibelah jadi empat bagian, lalu disangrai hingga gosong. Setelah gosong, kemiri tersebut dibungkus dengan kain lalu dipukul-pukul, misalnya menggunakan pantat gelas. Lakukan ini hingga terlihat adanya minyak pada permukaan kain pembungkus tadi. Segera oleskan minyak tersebut ke seluruh bagian kepala bayi. Oleskan secara lembut dan perlahan sambil memijat-mijat dengan lembut. Lakukanlah ini secara rutin agar khasiatnya betul-betul nampak.
3.      Sisir dan Aturlah Rambut Bayi Bila Berantakan
Dalam tips merawat kesehatan rambut bayi, sangat disarankan untuk selalu menjaga kerapian rambut bayi. Rambut yang tertata rapi membuat akar-akar rambut tumbuh beraturan dan pori-pori kulit kepala mendapatkan ruang yang cukup untuk “bernafas”. Hal ini sangat penting bagi pertumbuhan rambut yang kuat dan sehat. Untuk merapikan rambut bayi Bunda, sangat disarankan untuk menggunakan sisir berujung bulat dan bergerigi jarang. Dengan menyisir rambut sesering mungkin dapat membantu memperlancar peredaran darah di area kepala.
4.      Berikan Asupan Vitamin dan Makanan Bergizi
Faktor makanan sangat penting bagi pertumbuhan seorang bayi. Tips merawat kesehatan rambut bayi yang berikutnya adalah menjaga kualitas gizi dari makanan bayi Anda. Makanan yang bergizi dan mengandung vitamin-vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh akan membantu sang bayi untuk bertumbuh dengan baik. Demikian pula halnya dengan pertumbuhan rambut, juga dipengaruhi oleh asupan vitamin dan makanan yang masuk ke dalam tubuh bayi. Karena itu Bunda, selalu perhatikan perihal makanan ini. Sangat disarankan untuk memberikan makanan berupa sayuran, ikan, dan buah-buahan. Bila bayi Bunda masih menyusui ASI, maka sebaiknya Bundalah yang rajin mengkonsumsi makanan bergizi dan kaya akan vitamin dan mineral tersebut.

Itulah beberapa tips merawat kesehatan rambut bayi. Semoga panduan yang diberikan di sini dapat bermanfaat bagi Bunda yang ingin anaknya memiliki rambut yang sehat, kuat, subur, dan lebat.

.

.
.