Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Catok

Apakah kamu sering menggunakan catok untuk rambut kamu, dan kini mendapatkan kenyataan bahwa rambut kamu rusak? Penggunaan catok memang pada awalnya dapat membuat rambut menjadi lurus dan mudah ditata. Namun penggunaan dalam jangka waktu lama dapat membuat rambut menjadi kering, kusut, bahkan menjadi tidak menarik lagi. Kalau ini betul-betul menimpa diri kamu, tidak usah kuatir. Ada kok cara merawat rambut rusak akibat catok yang mudah untuk diterapkan.

cara merawat rambut rusak akibat catok
cara merawat rambut rusak akibat catok


Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Catok

Sebetulnya penggunaan catok untuk meluruskan rambut tidak akan menimbulkan masalah bagi rambut jika digunakan tidak secara berlebihan. Penggunaan yang terlalu sering, apalagi jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama memang dapat memberikan dampak negatif bagi rambut, yakni menyebabkan rambut menjadi kering, rambut berubah warna dan mudah kusut, rambut terbelah pada bagian ujungnya, bahkan dapat menyebabkan rambut rontok. Bila rambut kamu memiliki salah satu, beberapa, atau bahkan semua gejala di atas karena sering menggunakan catok, maka sudah sebaiknya kamu merawat secara lebih telaten lagi rambut kamu agar kerusakannya tidak semakin parah. Ini dia cara merawat rambut rusak akibat catok.
1.      Perawatan Menggunakan Hair Mask
Rambut yang rusak akibat penggunaan catok membutuhkan banyak vitamin dan mineral agar bisa tumbuh normal dan sehat kembali. Penggunaan hair mask dapat memberikan nutrisi yang dibuthkan oleh rambut tersebut. Lakukanlah perawatan dengan menggunakan hair mask minimal 2 kali seminggu. Saat mengaplikasikan hair mask, lakukanlah sambil memijat-mijat kepala agar dapat merangsang terjadinya regenerasi rambut. 


2.      Mengkonsumsi Teh Hijau
Teh hijau memiliki kandungan epigallocatechin-3-gallat, kandungan yang dapat membantu meningkatkan kesuburan rambut dan membantu terjadinya proses regenerasi rambut untuk mengganti rambut yang rusak dengan rambut yang sehat. Untuk itu, bila kamu ingin agar rambut kamu yang rusak akibat penggunaan catok dapat kembali tumbuh sehat, cobalah untuk rutin meminum teh hijau, bila perlu setiap hari. Ssst... teh hijau juga bisa membuat kamu jadi langsing, lho!

3.      Gunakanlah Sisir Berujung Bulat
Cara merawat rambut rusak akibat catok yang ini kelihatannya memang sepele, namun dampaknya cukup besar. Ya, bila rambut kamu rusak akibat penggunaan catok, maka untuk menyisir rambut sebaiknya menggunakan sisir berujung bulat dan bergerigi jarang. Ujung yang bergerigi bulat dan jarang akan memberikan sapuan lembut pada kulit kepala. Sebaliknya, sisir yang berujung runcing dapat menyebabkan kulit kepala yang sudah kering akan mudah lecet, dan gerigi sisir yang rapat-rapat akan mudah menyebabkan kerontokan pada rambut yang sudah rapuh.

4.      Gunakan Shampo dan Kondisioner yang Tepat
Shampo dan kondisioner akan memberikan nutrisi pada kulit kepala dan akar-akar rambut sehingga dapat membantu pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat. Gunakanlah secara rutin sampo dan kondisioner yang cocok dengan kondisi rambut kamu. Dalam hal merawat rambut rusak akibat catok, maka sampo yang paling tepat adalah sampo untuk rambut kering. 

5.      Hindari Penggunaan Catok dan Pengering Rambut
Karena kita sedang menerapkan cara merawat rambut rusak akibat catok sehingga rambut dapat timbuh sehat kembali, maka sudah sepantasnyalah bila menghindari penggunaan catok dan juga pengering rambut (hair dryer). Bila rambut sudah tumbuh sehat dan normal kembali, silakan menggunakan catok dan pengering rambut tetapi dengan frekuensi yang berkurang. 

Demikian beberapa cara merawat rambut rusak akibat catok. Bagaimana? Mudah bukan? Silakan diterapkan, dan semoga rambut kamu yang rusak akibat penggunaan catok yang berlebihan dapat tumbuh sehat kembali.


.

.
.