Cara Memperbaiki Rambut Rusak Akibat Smoothing

Memiliki rambut yang lebat, kuat, dan lurus terurai adalah dambaan banyak wanita. Dengan memiliki rambut yang indah seperti itu maka dirasa akan menambah pesona diri dan juga meningkatkan rasa percaya diri. Untuk itu para wanita tidak segan-segan menghabiskan uang dan waktunya untuk perawatan rambut agar bisa memiliki rambut yang diidam-idamkan dan menjadi pusat perhatian banyak orang. Akan tetapi perawatan-perawatan rambut tersebut akan dapat membuat rambut menjadi rusak apabila dihentikan. 

Contohnya adalah smoothing. Selama obat rambut smoothing masih bekerja, maka rambut akan terlihat lurus dan indah menjuntai. Namun begitu perawatan smoothing ini dihentikan, dalam beberapa kasus rambut berubah menjadi kusut, lepek, bergelombang, dan terlihat kering. Sungguh sangat tidak menarik, bahkan bisa dikatakan rambutnya rusak.

cara memperbaiki rambut rusak akibat smoothing
cara memperbaiki rambut rusak akibat smoothing



Cara Memperbaiki Rambut Rusak Akibat Smoothing

Apabila Anda pun mengalami beberapa hal seperti yang disebutkan di atas, maka cobalah mengaplikasikan cara memperbaiki rambut rusak akibat smoothing yang ditulis pada artikel ini. Semoga bisa membantu memperbaiki rambut Anda yang rusak dan mengalami kerontokan akibat melakukan proses smoothing rambut.
1.       Jaga Frekuensi Keramas
Keramas terutama bermanfaat untuk membersihkan kulit kepala dan rambut dari kotoran debu, asap polusi, bakteri, jamur, dan sebagainya. Namun keramas yang berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan rambut. Bila rambut Anda rusak akibat smoothing, sebaiknya lakukan keramas secara teratur paling tidak 2 kali seminggu. Keramas juga akan menjaga kelembaban rambut sehingga dapat mencegah dari kekeringan yang parah.

2.       Gunakan Sampo dan Kondisioner yang Tepat
Sehubungan dengan cara memperbaiki rambut rusak akibat smoothing di atas, yakni dengan menjaga frekuensi keramas, maka penting juga untuk memperhatikan jenis sampo dan kondisioner yang tepat. Bila rambut Anda rusak setelah menjalani perawatan smoothing, maka sampo dan kondisioner yang tepat adalah sampo dan kondisioner untuk jenis rambut kering.

3.       Gunakan Sisir yang Sesuai
Rambut yang rusak karena smoothing biasanya rusak karena kering dan rambut menjadi rapuh. Menggunakan sisir yang tidak tepat dapat menyebabkan semakin banyak rambut yang rontok dan patah-patah. Sisir yang sesuai untuk digunakan dalam cara memperbaiki rambut rusak akibat smoothing adalah sisir berujung bulat dan bergerigi jarang. Gunakanlah sisir seperti itu. 

4.       Gunakan Vitamin Rambut
Vitamin rambut berguna untuk memberikan nutrisi pada rambut dan kulit kepala. Salah satu penyebab kerusakan rambut akibat smoothing adalah berkurangnya nutrisi pada rambut sehingga pertumbuhan rambut terganggu. Pemberian vitamin secara teratur pada rambut yang rusak dapat membantu proses perbaikan rambut dan menjaganya tetap sehat. Gunakanlah vitamin rambut setiap kali sehabis keramas.

5.       Pangkas Ujung-ujung Rambut yang Pecah-pecah
Selain mengakibatkan kulit kepala kering, perawatan rambut smoothing yang tidak kontinyu dapat juga menyebabkan rambut berketombe dan ujung-ujung rambut menjadi pecah-pecah. Cara memperbaiki rambut rusak akibat smoothing seperti ini ialah dengan memangkas ujung-ujung rambut yang pecah-pecah. Hal ini harus dibarengi dengan penggunaan sampo dan vitamin secara teratur agar rambut yang tumbuh baru nantinya adalah rambut yang sehat dan tidak lagi pecah-pecah pada ujungnya. 

6.       Menjaga Kelembaban Rambut
Untuk menjaga kelembaban rambut yang kering akibat smoothing memang agak susah. Namun hal ini bisa dibantu dengan menggunakan anti-frizz spray atau  anti-frizz oil  pada rambut setiap kali sebelum beraktivitas atau saat merasakan kulit kepala sudah sangat kering. Bila ingin menggunakan bahan alami, bisa menggunakan campuran minyak zaitun dan madu yang dioleskan secara merata pada kulit kepala dan rambut. Setelah dioleskan, diamkan selama 30 menit, lalu bilas menggunakan air hangat.

Sebetulnya tidaklah sulit untuk memperbaiki rambut yang rusak akibat smoothing. Asalkan telaten dan sabar, maka kita akan memperoleh kembali rambut yang sehat, indah, dan mempesona, siap untuk menggoda siapa saja. Dengan mengikuti dan melakukan secara rutin tips cara memperbaiki rambut rusak akibat smoothing seperti yang ditulis di atas, maka hal tersebut tidaklah mustahil.


.

.
.