Cara Mengobati Rambut Rontok Dengan Minyak Kemiri

Memiliki rambut rontok dapat menjadi masalah tersendiri bagi orang-orang yang mementingkan penampilan dan keindahan rambut. Berbagai cara akan ditempuh untuk mengatasi masalah tersebut. Untungnya saat ini tersedia berbagai macam perawatan untuk mengatasi rambut rontok, baik yang menggunakan cara modern maupun cara tradisional; baik yang menggunakan obat-obatan kimiawi maupun bahan-bahan alami.
Tiap-tiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi Anda yang lebih menyukai cara-cara tradisonal dan menggunakan bahan-bahan alami, maka perawatan rambut rontok menggunakan minyak kemiri adalah salah satu alternatif yang bisa digunakan. Tulisan ini akan memberikan informasi bagaimana cara mengobati rambut rontok dengan minyak kemiri.

cara mengobati rambut rontok dengan minyak kemiri
cara mengobati rambut rontok dengan minyak kemiri


Cara Mengobati Rambut Rontok dengan Minyak Kemiri

Sudah sejak jaman dulu minyak kemiri dikenal luas memiliki khasiat dan manfaat untuk menyuburkan rambut. Bahkan banyak juga yang menggunakan minyak kemiri untuk menumbuhkan kumis dan jenggot. Belakangan diketahui, selain untuk menyuburkan rambut, ternyata minyak kemiri pun berkhasiat untuk menguatkan akar rambut dan membuat rambut hitam alami. Itulah sebabnya minyak kemiri sangat bagus digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Kandungan yang terdapat di dalam minyak kemiri, yakni minyak asiri, zingiberol, zingiberna, bisabolena, gingerol, kurkumen, dan filandrena, diyakini sebagai zat-zat yang memberikan manfaat kesuburan bagi rambut.
Saat ini minyak kemiri mudah ditemui di pasaran, dan dijual dengan harga terjangkau pula. Namun bila Anda ingin membuatnya sendiri agar dapat memastikan keasliannya, maka cara membuatnya pun tidak susah. Berikut ini cara membuatnya, sehingga Anda dapat menerapkan cara mengobati rambut rontok dengan minyak kemiri. 
  • Ambil 15 buah kemiri yang berukuran besar, lalu ditumbuk hingga halus. 
  • Kemiri yang sudah ditumbuk tadi kemudian disangrai hingga warnanya berubah menjadi coklat kehitaman dan akan tampak adanya minyak. Matikan api, dan biarkan dingin.  
  • Setelah dingin, saringlah minyak kemiri yang sudah nampak tadi. Cara menyaringnya bisa menggunakan kain, yakni kemiri yang sudah dingin disangrai tadi dibungkus dengan kain lalu diperas hingga minyaknya keluar semua. Tampunglah minyak pada botol atau pada wadah berpenutup lainnya. 
  • Minyak kemiri siap digunakan. 


Dalam penggunaannya untuk mengatasi rambut rontok, minyak kemiri ini bisa dicampurkan dengan madu, gel lidah buaya, atau bawang putih agar khasiatnya lebih cepat terasa. Namun digunakan tanpa campuran juga tidak apa-apa. 

minyak kemiri hitam ampuh untuk rambut rontok dan botak ratu kemiri
minyak kemiri hitam ampuh untuk rambut rontok dan botak ratu kemiri


Adapun cara mengaplikasikannya untuk mengatasi rambut rontok ialah cukup dengan mengoleskan minyak kemiri ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut. Setelah itu lakukan pemijitan secara perlahan-lahan pada kepala agar zat-zat yang terkandung pada minyak kemiri mudah meresap melalui pori-pori kulit kepala. 
Setelah itu diamkan selama 30 menit, lalu bilas rambut dengan air hangat. Bila perlu menggunakan sampo. Lakukan perawatan ini secara rutin, minimal 2 kali seminggu. Bila cara mengobati rambut rontok dengan minyak kemiri ini Anda lakukan secara teratur, maka dalam waktu beberapa minggu Anda akan merasakan adanya perubahan pada rambut Anda, yakni rambut Anda mulai berkurang rontoknya, bahkan akan nampak tumbuh rambut-rambut baru.

.

.
.