Khasiat Minyak Kemiri Alami untuk Kesehatan Rambut


Minyak kemiri sudah dikenal luas sebagai minyak penyubur dan penumbuh rambut. Namun ternyata khasiat minyak kemiri tidak terbatas pada itu saja. Masih banyak khasiat minyak kemiri lainnya bagi rambut. Berikut ini beberapa khasiat minyak kemiri alami yang sudah dirasakan oleh banyak orang. 

khasiat minyak kemiri alami untuk kesehatan rambut
khasiat minyak kemiri alami untuk kesehatan rambut


Khasiat Minyak Kemiri Alami untuk Kesehatan Rambut

Apa saja sih khasiat minyak kemiri alami untuk kesehatan rambut manusia? Simak paparan singkatnya di bawah ini ya. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami masalah rambut.
 
1.      Minyak kemiri sebagai penumbuh dan penyubur rambut

Minyak kemiri memang lebih dikenal sebagai obat penumbuh rambut dan nutrisi penyubur rambut alami. Kandungan vitamin dan nutrisi yang ada di dalam minyak kemiri dapat membantu pertumbuhan rambut yang sehat, lebat, dan kuat. Sebagai obat alami penumbuh dan penyubur rambut, minyak kemiri sering digunakan untuk mengatasi kebotakan dan membantu melebatkan rambut. Untuk memperoleh khasiat minyak kemiri alami sebagai penumbuh rambut secara maksimal, gunakanlah minyak kemiri secara rutin minimal 2 hingga 3 kali seminggu. 


2.      Minyak kemiri untuk mengatasi rambut rontok

Rambut rontok bisa disebabkan oleh beberapa hal. Namun biasanya penyebab utamanya adalah kurangnya nutrisi pada rambut sehingga rambut menjadi rapuh dan mudah rontok. Rambut rontok juga mudah terjadi pada rambut kering dan kusam. Rambut kering ini bisa disebabkan oleh pemakaian secara berlebihan alat-alat rambut,  seperti alat pengering rambut, alat catok rambut, ataupun alat catok rambut bergelombang. Pemakaian yang berlebihan peralatan rambut tersebut menyebabkan kelembaban pada rambut berkurang secara drastis. Rambut pun menjadi kering sehingga rapuh dan mudah rontok.
Kebiasaan buruk lainnya yang bisa jadi penyebab rambut rusak dan rambut rontok adalah pemakaian minyak rambut atau gel rambut, melakukan rebonding rambut, smoothing rambut, catok rambut dan pewarnaan rambut.
Sebagai minyak yang kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut, minyak kemiri dapat membantu menutrisi rambut sehingga kebutuhan akan nutrisi dapat terpenuhi. Demikian juga pada rambut yang kelembabannya berkurang, minyak kemiri asli dapat meningkatkan dan menjaga kelembaban rambut sehingga dapat tumbuh secara normal. Untuk memanfaatkan khasiat minyak kemiri alami bagi rambut rontok ini, gunakanlah minyak kemiri secara rutin minimal 2 kali seminggu. 

khasiat minyak kemiri alami untuk rambut ratu kemiri
khasiat minyak kemiri alami untuk rambut ratu kemiri


3.      Minyak kemiri untuk menghitamkan dan mengkilapkan rambut

Khasiat lainnya dari minyak kemiri adalah dapat menghitamkan dan mengkilapkan rambut. Sangat cocok digunakan oleh Anda yang memiliki masalah rambut kusam. Seperti halnya rambut kering, rambut kusam pun dapat terjadi karena rambut kekurangan vitamin dan nutrisi. Rambut kusam pun dapat terjadi karena penggunan obat-obatan kimia dan peralatan rambut yang berlebihan. 
Sebagai minyak yang kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi, minyak kemiri dapat membantu menutrisi rambut sehingga memiliki kembali nutrisi-nutrisi yang diperlukan untuk dapat tumbuh dengan sehat. Nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam minyak kemiri  mampu menghitamkan sekaligus mengkilapkan rambut. Gunakanlah secara teratur paling tidak 2 kali seminggu, maka perlahan-lahan rambut kusam Anda akan mulai nampak hitam dan bercahaya. 


4.      Minyak kemiri untuk mengurangi rambut uban

Khasiat minyak kemiri alami lainnya adalah dapat meminimalisir atau memperlambat pertumbuhan rambut uban. Rambut beruban yang bukan karena faktor usia ataupun genetika terjadi karena adanya kerusakan pada pigmen pewarna rambut. Kerusakan pigmen pewarna rambut ini dapat diatasi pula oleh minyak kemiri. Gunakanlah minyak kemiri secara teratur 3 kali seminggu untuk mengurangi, bahkan menghilangkan pertumbuhan rambut berwarna putih yang sering membuat kita tampil tidak percaya diri. 


5.      Minyak kemiri untuk meluruskan dan melemaskan rambut

Salah satu gejala rambut yang tidak sehat adalah bergelombang, kasar, dan lepek. Rambut seperti ini susah diatur dan tidak megar sehingga dapat mengurangi pesona diri. Bila Anda mamiliki rambut dengan gejala seperti itu, yakni rambut Anda yang aslinya lurus tiba-tiba tumbuhnya bergelombang, terasa kasar dan tidak megar, maka cobalah menggunakan minyak kemiri. Gunakan secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu. Niscaya, dalam pemakaian beberapa minggu khasiat minyak kemiri alami ini akan Anda rasakan dengan adanya perubahan pada rambut Anda yang kembali tumbuh normal, yakni rambut menjadi lurus kembali dan tidak kasar lagi.

Demikian beberapa khasiat minyak kemiri alami. Bila Anda ingin mencobanya, Anda dapat membuatnya sendiri. Caranya juga tidak susah. Namun bila Anda tidak mempunyai waktu untuk membuat sendiri minyak kemiri alami, Anda pun dapat membelinya di toko-toko. Saat ini minyak kemiri banyak dijual bebas di pasaran. Pastikan minyak kemiri yang Anda beli benar-benar asli dan khasiat minyak kemiri alami tersebut sudah dirasakan manfaatnya oleh banyak kalangan, mulai dari usia bayi hingga orang tua. 

.

.
.