Manfaat Creambath untuk Mengatasi Rambut Rusak



Salah satu cara untuk mengatasi rambut rusak adalah dengan rutin melakukan creambath pada rambut. Apa itu creambath, dan apa saja manfaat creambath untuk mengatasi rambut rusak? Tulisan berikut ini akan membahas mengenai macam-macam manfaat creambath bagi rambut. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda. 


Creambath adalah salah metode cara perawatan rambut rusak parah yang menggunakan krim khusus yang banyak mengandung nutrisi yang diperlukan oleh rambut dalam pertumbuhannya. Dalam perawatan rambut metode ini, krim khusus tersebut diaplikasikan pada rambut sambil melakukan pijitan-pijitan lembut pada kulit kepala agar pori-pori kulit kepala terbuka dan aliran darah lancar. Dengan demikian nutrisi-nutrisi penting yang terdapat pada krim mudah meresap dan terdistribusi ke seluruh akar-akar rambut. 

manfaat creambath untuk mengatasi rambut rusak
manfaat creambath untuk mengatasi rambut rusak


Setelah krim dibalur secara merata pada permukaan rambut dan kulit kepala, lalu kepala ditutupi dengan handuk hangat selama paling tidak 30 menit. Hal ini dilakukan juga untuk membantu terbukanya pori-pori kulit kepala. Setelah didiamkan selama 30 menit tersebut, barulah rambut dibilas dengan air dingin.



Manfaat Creambath untuk Mengatasi Rambut Rusak Parah 

Manfaat creambath untuk mengatasi rambut rusak sebetulnya lebih ditujukan pada rambut yang rusak parah dengan gejala rambut kering, kusam, bercabang, mudah patah, dan mudah rontok. Jadi creambath bukan untuk menyuburkan rambut dan menghilangkan ketombe.  

Creambath lebih ditujukan untuk merawat rambut yang mengalami kerusakan parah akibat penggunaan obat-obatan kimia dan peralatan perawatan rambut bersuhu tinggi. Berikut ini ulasan secara terperinci mengenai manfaat creambath untuk rambut.

1.      Membantu Menutrisi Rambut

Seperti sudah dijelaskan di atas, dalam perawatan rambut metode creambath ini digunakan krim yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan rambut. Ketika rambut rusak parah, maka distribusi nutrisi dari dalam tubuh sendiri mengalami hambatan. Untuk itu perlu dibantu dengan melakukan asupan nutrisi dari luar sehingga rambut tidak kekurangan nutrisi dan dapat tumbuh menjadi rambut yang sehat dan indah.

Krim yang digunakan sebagai cara mengatasi rambut rusak parah bisa menggunakan krim-krim khusus yang dijual bebas di pasaran, dan biasanya tersedia di salon-salon perawatan rambut. Namun demikian, krim rambut tersebut bisa juga dibuat sendiri menggunakan bahan-bahan alami. Beberapa bahan alami yang biasa digunakan sebagai krim rambut adalah buah alpukat, minyak kemiri bakar asli, buah pisang, buah pepaya, buah mangga, lidah buaya, santan kelapa, putih dan kuning telor, madu, minyak zaitun, cuka apel. Mengenai cara pembuatan krim rambut dari bahan-bahan alami tersebut, dan bagaimana cara pengaplikasiannya, silakan dicari pada artikel lainnya pada blog ini.

2.      Mengatasi Rambut Kering dan Kusam

Manfaat creambath untuk mengatasi rambut rusak lainnya adalah membantu mengatasi rambut kering, kusam, dan bercabang. Penyebab utama rambut menjadi kering dan kusam adalah  kurangnya asupan nutrisi pada rambut. Hal ini bisa terjadi akibat efek penggunaan obat-obatan kimia untuk rebonding, smoothing, curling, ataupun bleaching. Bisa juga karena terlalu sering menggunakan alat-alat perawatan rambut yang bersuhu panas, misalnya hair dryer, alat catok rambut, ataupun alat catok curly.  Dengan melakukan creambath, rambut dibantu untuk memperoleh asupan nutrisi alami yang diperlukan supaya tetap lembab dan terjaga kesehatannya.

3.      Mengatasi Rambut yang Rapuh dan Rontok

Apabila kondisi rambut yang kekurangan nutrisi dibiarkan terus, maka suatu saat bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah, yakni rambut menjadi rapuh, mudah patah-patah, bahkan mudah rontok. Bila kerusakan rambut sudah mencapai tahap ini, maka perawatan rambut dengan cara creambath ini sebaiknya segera dilakukan, dan rutin dilakukan 2 kali setiap minggu. Rambut yang rapuh dan mudah rontok ini salah satu penyebabnya adalah kekurangan nutrisi rambut dalam jumlah yang besar.


Beberapa manfaat yang disebutkan di atas adalah manfaat creambath untuk mengatasi rambut rusak dengan gejala rambut kering, kusam, bercabang, rapuh, dan mudah rontok. Namun creambath dapat juga diaplikasikan pada rambut normal untuk menjaga kesehatan rambut. Efeknya pada rambut normal adalah rambut menjadi lebih sehat, lebih lembut, lembab dan lebih berkilau.


Creambath ini sendiri dapat dilakukan pada salon-salon perawatan rambut yang tentu saja menyediakan segala kebutuhan untuk melakukan creambath pada rambut. Namun demikian, Anda dapat melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami sebagai pengganti krim rambut. Melakukan creambath sendiri di rumah selain lebih murah, juga relatif lebih aman karena bebas dari bahan-bahan kimia. 

Atau Anda pun dapat melakukan perawatan rambut metode creambath ini dengan memvariasikan metode creambath di salon dan metode creambath di rumah sehingga manfaat creambath untuk mengatasi rambut rusak betul-betul efektif dan memberikan hasil dalam waktu yang tidak terlalu lama.

.

.
.