Merawat Rambut Rusak dan Kering Secara Alami

Memiliki rambut yang sehat, lebat, dan indah adalah dambaan para wanita. Karena itu, akibat merasa tidak puas dengan rambut yang dimilikinya, banyak wanita yang melakukan macam-macam perawatan rambut untuk mendapatkan rambut idaman. Perawatan yang populer dilakukan adalah rebonding dan smoothing, yang bertujuan untuk meluruskan dan membuat rambut jadi lembut. 
Sayangnya, akibat perawatan yang tidak benar atau penggunaan obat-obatan kimiawi untuk rambut yang tidak sesuai, bukannya rambut indah dan menawan yang didapat, malah rambut menjadi rusak dan terlihat tidak menarik. Jika rambut sudah menjadi rusak seperti itu, maka segeralah merawat rambut rusak dan kering secara alami agar kerusakannya tidak bertambah parah.

merawat rambut rusak dan kering secara alami
merawat rambut rusak dan kering secara alami



Tips Merawat Rambut Rusak dan Kering Secara Alami

Merawat rambut rusak dan kering secara alami tentunya tidak menggunakan bahan-bahan kimiawi dalam perawatannya. Rambut yang sudah rusak jangan dibuat semakin rusak parah akibat penggunaan bahan-bahan kimiawi tersebut. Berikut ini cara-cara perawatan rambut rusak secara alami.
1.       Kurangi penggunaan ikat rambut sehingga rambut memperoleh lebih banyak waktu untuk bernapas. Penggunaan ikat rambut yang terlalu sering dan terlalu ketat dapat menghambat proses pernapasan rambut dan aliran nutrisi dari akar rambut ke ujung rambut. Akibatnya rambut dapat menjadi kering dan mudah rontok. Gunakan ikat rambut hanya bila rambut yang terurai benar-benar mengganggu aktivitas Anda.
2.       Gunakan minyak alami, seperti minyak kemiri bakar, minyak zaitun, minyak gandum, atau minyak wijen untuk merawat rambut rusak dan kering secara alami. Pemberian minyak nabati ini dapat membantu menutrisi rambut yang rusak dan kering. Cara penggunaannya sangat mudah, yaitu cukup mengoleskan minyak nabati tersebut ke seluruh bagian rambut secara merata, lalu didiamkan selama sekitar 30 menit. Setelah itu bilas menggunakan air dan sampo. 
Selain untuk memenuhi kebutuhan rambut akan nutrisi, penggunaan minyak-minyak alami ini juga dapat membuat rambut menjadi lembut dan menjaga kelembaban kulit kepala. 
3.       Pemberian nutrisi pada rambut dapat juga dilakukan dengan menggunakan masker rambut yang terbuat dari buah-buahan. Cara pembuatannya pun cukup mudah. Terlebih dahulu siapkan buah yang akan digunakan. Buah-buahan yang bisa dijadikan masker rambut antara lain buah alpukat, buah pepaya, buah pisang, buah stroberi, buah mangga, buah nanas. Pilihlah salah satu buah yang mudah didapat, dan pastikan buah yang dipilih adalah buah yang masih segar dan tidak busuk. Kemudian buah yang sudah disiapkan dihaluskan dengan menggunakan blender, lalu dioleskan pada seluruh bagian rambut, dari akar hingga ujungnya. Setelah itu didiamkan selama 30 menit dan kemudian bilas dengan air dan sampo. Akan lebih baik lagi apabila masker rambut buah ini ditambahi dengan madu dan minyak nabati.
4.       Hindari paparan panas yang berlebih pada rambut. Rambut yang rusak dan kering disebabkan oleh kurangnya kandungan minyak pada rambut. Untuk itu senantiasa jagalah rambut agar tidak terkena paparan panas yang berlebih, yang dapat menyebabkan semakin banyaknya kandungan minyak pada rambut yang menguap, yang mengakibatkan semakin parahnya kerusakan pada rambut. Bila harus bepergian pada saat matahari cerah, gunakan selalu penutup kepala. Hindari juga penggunaan catok dan alat pengering rambut yang memaksa rambut menjadi kering.
5.       Hal yang juga perlu diperhatikan dalam merawat rambut rusak dan kering secara alami adalah asupan makanan. Makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi merupakan obat alami dari dalam tubuh. Hasilnya memang tidak dapat segera nampak, namun asupan makanan yang baik bagi rambut dapat mengurangi risiko kerusakan rambut menjadi semakin parah. Makanan yang bagus untuk mendukung kesehatan rambut adalah sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan makanan yang banyak mengandung protein hewani dan nabati. Untuk rambut yang kering, sebaiknya perbanyak konsumsi buah alpukat, ikan salmon, dan minyak zaitun. Makanan tersebut penuh dengan kandungan asam lemak esensial, yang dapat membantu melembabkan kulit kepala yang kering.
Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, selain baik untuk pertumbuhan rambut, tentunya juga baik bagi kesehatan dan tubuh kita.
Merawat rambut rusak dan kering secara alami ini memutuhkan waktu yang cukup lama hingga diperoleh hasil sesuai yang diharapkan. Namun demikian, penggunaan cara-cara alami ini relatif lebih aman dan dapat memperkecil risiko kerusakan rambut lebih parah, seperti mengalami rambut rontok hingga kebotakan. Lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur, maka niscaya dalam beberapa bulan perawatan rambut Anda akan mulai lembut dan tidak kering lagi. Selamat mencoba.

.

.
.