Inilah 4 Tanda Rambut Rusak Akibat Semir

Memiliki uban pada rambut dapat menjadi momok bagi sebagian orang, apalagi pada orang dengan usia yang masih muda. Rambut uban dirasakan dapat mengganggu penampilan dan membuat wajah kelihatan lebih tua dari usianya. Sebagai solusi, banyak yang menggunakan semir untuk menyamarkan warna putih pada rambutnya tersebut. Bila Anda salah satu dari mereka yang juga sering menggunakan semir rambut, maka Anda patut berwaspada. Ternyata bisa lho, rambut rusak akibat semir

4 tanda rambut rusak akibat pemakaian semir rambut
4 tanda rambut rusak akibat pemakaian semir rambut



Inilah 4 Tanda Rambut Rusak Akibat Semir

Pemakaian semir dalam jumlah banyak dan dalam rentang waktu yang tidak terlalu lama tentu saja dapat berakibat buruk pada rambut. Hal ini dikarenakan kandungan kimiawi yang terdapat pada semir rambut dapat mengganggu kesehatan kulit kepala dan mengganggu pertumbuhan rambut secara alami. 

Berikut ini ciri-ciri rambut rusak akibat semir :
-          Rambut menjadi kering
Semir rambut mengandung zat-zat kimia yang dapat mengurangi kelembaban pada rambut dan kulit kepala. Pemakaian dalam jangka waktu lama bahkan dapat mengurangi secara drastis kandungan minyak alami pada rambut. Hal ini mengakibatkan rambut menjadi kering.

-          Rambut terlihat kusam
Selama zat pewarna rambut pada semir masih aktif, maka warna rambut masih terlihat tajam dan berkilau. Namun seiring waktu, zat pewarna tersebut mulai luntur dan menyisakan rambut yang terlihat kusam, bahkan jauh lebih kusam dari saat sebelum menggunakan semir untuk pertama kali. Rambut yang kusam ini terjadi selain karena rambut yang kering, juga karena matinya pigmen pewarna alami pada rambut. Zat pewarna kimia pada semir rambut tidak saja mengubah warna rambut pada bagian permukaan rambut, tetapi meresap masuk ke dalam rambut dan mengganti pigmen rambut alami dengan zat kimiawi.

-          Rambut menjadi rapuh dan mudah rontok
Rambut rusak akibat semir bisa juga ditandai dengan rambut yang menjadi rapuh dan mudah rontok. Penggunaan semir akan menyisakan zat-zat kimia yang tidak hilang dari rambut meskipun sudah keramas. Awalnya jumlahnya tidak seberapa banyak, namun pemakaian dalam jangka waktu lama akan membuat zat-zat kimia tersebut menumpuk dan kuantitasnya menjadi besar. Tumpukan “limbah” kimia pada rambut ini dapat menghambat penyaluran nutrisi dari akar rambut ke seluruh bagian rambut. Akibat kekurangan nutrisi ini rambut pun menjadi rapuh dan mudah rontok.

-          Rambut bercabang
Akibat pemakaian semir rambut yang terlalu sering juga dapat menyebabkan rambut bercabang, mengembang, dan susah diatur. Penyebabnya adalah rambut kekurangan nutrisi dan vitamin, seperti halnya rambut rapuh dan mudah rontok.  

Begitulah efek buruk semir tehadap rambut akibat pemakaiannya dalam jangka waktu lama dan dalam rentang waktu yang dekat. Sehingga saran kami, kurangilah penggunaan semir rambut ini. Gunakan saja untuk saat-saat tertentu yang penting, misalnya saat menghadiri hajatan keluarga atau kerabat, saat hendak melakukan presentasi (supaya bisa tampil penuh percaya diri), saat mengikuti reuni sekolah (supaya terlihat tetap kinclong di mata mantan), dan sebagainya. Sedangkan untuk penggunaan sehari-hari, kita dapat menyamarkan uban dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk menghindari rambut rusak akibat semir. 

Ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menyamarkan warna uban pada rambut, yakni ampas teh hitam, biji pepaya, daun rambutan, minyak kembang sepatu, dan minyak kemiri. Dari beberapa jenis bahan alami tersebut, minyak kemiri merupakan bahan alami yang paling sering digunakan karena mudah diperoleh. Minyak kemiri banyak dijual bebas. Bila Anda hendak membeli minyak kemiri, perhatikan keaslian dan kandungan yang terdapat di dalam setiap kemasannya. Kalaupun Anda ingin membuatnya sendiri, hal itu tidaklah begitu sulit. Caranya sebagai berikut. Ambil beberapa biji kemiri, sangrai hingga agak gosong, lalu dipukul-pukul hingga mengeluarkan minyak. Gunakan minyak tersebut untuk dioleskan pada seluruh bagian rambut. Diamkan selama 30 menit, lalu bilaslah rambut dengan air dan sampo. 

Penggunaan bahan-bahan alami untuk menyamarkan uban memang membutuhkan waktu yang agak lama. Namun cara ini relatif lebih aman bagi rambut Anda, bahkan tidak mendatangkan efek buruk bagi rambut untuk pemakaian jangka panjang. Gunakan semir rambut sesekali saja, dan perbanyak perawatan rambut dengan bahan-bahan alami untuk menghindari rambut rusak akibat semir.  


.

.
.