Inilah Penyebab Rambut Rusak dan Rontok Parah



Kenali berbagai faktor penyebab rambut rusak dan rontok parah berikut ini ya. Pastikan Anda menghindarinya supaya rambut lebih sehat.

Masalah rambut bisa menimpa pada semua orang. Tidak peduli usia muda hingga seseorang yang sudah berusia lanjut. Apa saja masalah rambut yang seringkali mendatangi seseorang? Beragam jenisnya. 

Ada yang mengalami masalah rambut berupa kebotakan rambut yang parah dan meluas. Ada juga yang rambutnya mengalami kerontokan ringan hingga kerontokan rambut parah. Pada usia bayi dan anak-anak, banyak yang rambutnya tipis dan pertumbuhan rambutnya tidak selebat dan setebal yang diharapkan.

Masalah rambut rusak yang banyak dialami lainnya adalah rambut kering, rambut kusam, rambut bercabang, muncul ketombe hingga kutu rambut.
Demikian halnya pada rambut wajah seperti alis mata yang tipis, jenggot, kumis, jambang yang tipis juga seringkali mengganggu kepercayaan diri seseorang. Apakah Anda salah satunya?

Pada ulasan kali ini, Ratu Kemiri akan mencoba membagikan apa saja faktor penyebab rambut rusak dan rontok parah? Semoga ulasan artikel singkat kali ini bisa sebagai jalan awal Anda untuk memulai proses pengobatan dan perawatan rambut. 

inilah penyebab rambut rusak dan rontok parah
inilah penyebab rambut rusak dan rontok parah



Penyebab Rambut Rusak dan Rontok Parah

Masa modern ini, banyak penyebab rambut rusak dan rontok parah yang sering tidak disadari oleh sebagian besar dari kita. Atau bahkan sudah ada yang menyadari resiko rambut bisa mengalami kerusakan, tetapi tetap saja dikerjakan. Yuk simak beberapa faktor penyebab rambut rusak dan rontok parah di bawah ini ya.

#1 Kemoterapi

Pengobatan yang dijalani oleh seseorang biasanya akan mempengaruhi kondisi di dalam tubuh secara umum dan tentunya akan menjadi salah satu penyebab rambut rusak dan rontok parah. Salah satunya adalah proses kemoterapi.

Kemoterapi dilakukan untuk terapi pengobatan seseorang yang mengalami penyakit kanker. Dalam prosesnya, pasien seringkali mengalami kerusakan dan kerontokan rambut yang sangat parah hingga mengalami kebotakan rambut.  

#2 Stress Fisik dan Emosional

Penyebab rambut rusak dan rontok parah berikutnya adalah kondisi stress secara fisik maupun emosional. Munculnya stress secara fisik maupun emosional ini bisa muncul akibat tekanan pada pekerjaan yang sangat tinggi, beban pekerjaan dan aktivitas yang tidak ada habisnya, ditambah beban pada kehidupan sehari-hari.

Jika tidak ditangani secara tepat, tentunya stress fisik dan emosional ini bisa muncul pada seseorang yang kemudian bisa memberikan efek buruk pada kesehatan rambut seseorang.


#3 Rebonding, Smoothing, Mewarnai dan Catok Rambut

Kebiasaan buruk lainnya yang bisa merusak rambut hingga rambut mengalami kerusakan dan kerontokan adalah kebiasaan melakukan hairstyling. Penyebab rambut rusak dan rontok parah berikutnya adalah kebiasaan melakukan rebonding, smoothing mewarnai dan catok pada rambut.

Penggunaan bahan kimia yang sangat tinggi pada proses-proses di atas jadi penyebab utama rambut menjadi lebih lemah hingga mudah mengalami kerontokan dan kerusakan rambut parah.  

#4 Penggunaan Minyak Rambut dan Gel Rambut Berlebihan

Penyebab rambut rusak dan rontok parah berikutnya adalah kebiasaan menggunakan minyak rambut atau gel rambut secara berlebihan dan berlangsung terus menerus. Rambut dipaksa menerima bahan kimia dalam minyak dan gel rambut dalam jangka waktu lama.
Tentunya hal tersebut akan menghilangkan kelembutan dan kesehatan alami pada rambut. Akibatnya, rambut akan lebih mudah mengalami kerusakan hingga kerontokan yang parah.

#5 Penggunaan Alat-Alat Hairstyling Terus Menerus

Tuntutan aktivitas yang padat setiap harinya menuntut Anda untuk terus berpacu dengan waktu. Bagaimanapun caranya, pekerjaan dan tugas harus selesai. Demikian halnya pada saat persiapan, rambut pun dipaksa untuk mengering dengan menggunakan alat khusus, yang sering disebut dengan hair-dryer.

Alat ini memiliki tingkat panas yang sangat tinggi dan bisa memaksa rambut untuk cepat kering. Akan tetapi, waspadai juga efek jangka panjang yang bisa muncul, yaitu rambut lama kelamaan akan menjadi kering, bercabang dan lebih mudah rontok. Faktor panas tinggi dari hairdryer menjadi faktor penyebab rambut rusak dan rontok parah.

#6 Kekurangan Protein pada Tubuh

Kekurangan asupan gizi pada tubuh juga berpengaruh kepada kesehatan tubuh secara umum dan rambut pada khususnya. Terlebih zat protein, satu zat baik yang sangat diperlukan oleh tubuh dan rambut untuk tetap sehat dan kuat. 

Jika Anda kekurangan makanan yang mengandung protein, hal tersebut bisa jadi faktor penyebab rambut rusak dan rontok parah. Sumber protein sangat mudah ditemukan, baik dari tumbuhan (protein nabati) maupun dari binatang (protein hewani).

#7 Perubahan Hormon pada Tubuh

Contoh mudah terjadinya perubahan hormon tubuh adalah pada wanita yang sedang proses mengandung hingga melahirkan. Dalam fase tersebut, tubuh dan rambut seorang wanita rentan mengalami kerontokan dan kerusakan.

Oleh sebab itu, seorang wanita sebaiknya mengantisipasi perubahan hormon tersebut dengan melakukan perawatan rambut secara herbal, baik sebelum hingga sesudah proses melahirkan.

Demikian ulasan sederhana mengenai faktor penyebab rambut rusak dan rontok parah. Dengan mengetahui faktor penyebabnya, Anda bisa mengevaluasi diri dan memperbaiki kualitas hidup yang Anda jalani saat ini supaya kondisi tubuh dan rambut Anda juga lebih sehat.

.

.
.